KATEGORI PRODUK


Diposting pada :   2017-08-21 09:33:26   Oleh :  Darma
3 ( Tiga ) Tips dan Cara Mengenali Uang Palsu dan mencegahnya

3 ( Tiga ) Tips dan Cara Mengenali Uang Palsu dan mencegahnya


Pasti akan sangat merugikan jika kita mendapati uang palsu, darimanapun asalnya.Olehkarena itu penting bagi kita tahu tentang cara mengenali uang palsu.Saat kita menerima uang, sebaiknya teliti terlebih dulu apakah uang tersebut cacat, rusak, atau bahkan palsu.Uang cacat atau rusak itu masih mending, karena kita bisa menukarkan uang cacat tersebut ke penukaran uang atau langsung ke Bank Indonesia, dan kita akan mendapatkan uang pengganti baru, sedangkan jika kita mendapat uang palsu, pihak Bank Indonesia bahkan tidak akan memberikan pengganti buat kita.Jadi, mari lebih berhati – hati dan berperan katif untuk mencegah tersebarnya uang palsu lebih luas.

Setelah kita tahu cara menegenali uang palsu dan saat kita mendapatkan uang palsu, sebaiknya tolak agar kita juga tidak rugi.Namun sebenarnya pihak Bank Indonesia menganjurkan agar kita menahan uang tersebut kemudian menyerahkan dan melaporkan  uang palsu tersebut agar dapat digunakan sebagai bahan penyelidikan lebih lanjut sehingga peredaran uang palsu dapat di tekan dan di musnahkan.

CARA – CARA PILIHAN MENDETEKSI &  MENGENALI UANG PALSU

 

1.     Cara 3D

Kita pernah disugui dengan iklan di media – media, baik media cetak , elektronik dan lainya yang menayangkan tentang cara – cara mengenali uang palsu dan asli.Masih segar diingatan kita tentang slogan 3D; Dilihat, Diraba dan Diterawang,

DILIHAT : Kalau dilihat, uang yang asli memiliki warna yang cerah, tidak luntur, warna tidak patah-patah. Sedangkan uang yang palsu berwarna pucat dan seperti luntur. Selain itu uang yang asli mempunyai tanda air yang menggambarkan tokoh-tokoh pahlawan nasional, mempunyai benang tali pengaman yang berada di dalam uang kertas terlihat seperti dianyam.

DIRABA : D yang kedua dari 3D cara mendeteksi uang palsu adalah diraba. Dari segi kertas sebagai bahan pembuatannya, antara uang asli dan palsu biasanya ada perbedaan. Uang yang palsu biasanya berbahan kertas yang tipis, dan mudah lecek. Kalau lecek permukaannya seperti koran. Sedangkan kalau uang yang asli berbahan kertas agak lebih tebal dan halus. Dan bila diusap-usap pada bagian angka akan terasa agak timbul/menonjol.

DITERAWANG  : D yang terakhir adalah diterawang. Setelah dilihat dan diraba kok masih meragukan, cobalah terawang uang tersebut ke sumber cahaya yang kuat seperti matahari dan lampu misalnya. Lihat pada bagian tanda air dan tali pengaman, apakah tercetak baik?

 

Kemudian, untuk uang pecahan dengan nilai nominal besar biasanya mempunyai ciri-ciri keaslian tertentu. Misalnya, gambar yang lebih rumit sehingga menyulitkan penjahat untuk menirunya.

2.     MENGGUNAKAN MESIN HITUNG UANG & MESIN DETECTOR UANG PALSU

Cara mengenali uang palsu dengan menggunakan mesin hitung uang dan detector uang palsu ini sebenarnya sangat penting dan akan banyak membantu mencegah lolosnya uang palsu ke kantong kita.Bagi Anda yang mempunya uang yang banyak dalam artian, sedang manjalankan usaha yang dimana perputaran uang fisiknya sangat banyak seperti Perbankan, Rumah Sakit, Mall / Pusat Perbelanjaan, Hotel, Villa dan lain sebagainya sudah seharusnya menggunakan Mesin Hitung Uang.

 

Mesin Hitung Uang sekarang ini sudah banyak produsen – produsen yang memasarkanya, dengan harga, jenis, fitur dan tingkat kecanggihan yang bervariasi.Jika Anda memang berniat untuk menggunakan mesin hitung uang dalam membantu proses uang Anda, sebaiknya beli – lah Mesin Hitung Uang yang bermutu.Secara Logika Pasar yang mendasar, Harga Mesin Hitung Uang yang Anda beli itu menentukan fitur dan Kualitasnya ( Harga menentukan kualitas ).Meskipun ada mesin hitung uang yang relative murah dengan fitur deteksi uang palsu yang lengkap, Anda juga sebaiknya memikirkan ulang tentang akurasi dari fitur – fitur tersebut sehinggan ke depanya Anda tidak merasa rugi telah membelinya.

Untuk minimum fitur dan spesifikasi Mesin Hitung Uang yang baik adalah ;

  1. HARGA TIDAK TERLALU MURAH ( Minimum IDR 3 jutaan )
  2. Memiliki Sensor Deteksi ULTRAVIOLET ( UV ), INFRARED ( IR ), MAGNETIC SENSOR ( MG ) – CF
  3. Dilengkapi dengan fitur ALARM , baik Alarm Suara maupn Alarm Layar Display

 

3.     LAMPU ULTRA VIOLET PENDETEKSI UANG PALSU

Menggunakan Lampu Ultraviolet untuk mendeteksi dan mengenali uang palsu juga berperan sangat membantu.Anda bisa membeli lampu ultraviolet ini dengan mudah dengan harga yang bervariasi, namun jangan – lah beli dengan harga yang terlalu murah untuk kualitas yang bagus tentunya.Adapun poin – poin yang diberikan oelh pihak BANK INDONESIA dalam mendeteksi keaslian uang dengan sinar lampu ultraviolet antara lain ;

  • Tanda Air (Watermark) dan “electrotype”. Tanda ini jika diterawangkan ke cahaya akan terlihat jelas.
  • Benang Pengaman (Security Thread). Tanda ini ditanam dalam uang kertas dengan cara seperti dianyam. Bila diterawsngkan ke lampu ultra violet, akan memendarkan cahanya tertentu.
  • Cetak Intaglio. Tanda ini berupa cetakan tanda kasar kalau diraba. Biasanya pada nomor seri dan kalau diterawang dengan lampu ultra violet akan memancarkan warna emas.
  • Gambar Saling Isi (Rectoverso)
    Pencetakan suatu ragam bentuk yang menghasilkan cetakan pada bagian muka dan belakang beradu tepat dan saling mengisi jika diterawangkan ke arah cahaya.
  • Tinta Berubah Warna (Optical Variable Ink)
    Hasil cetak mengkilap (glittering) yang berubah-ubah warnanya bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda.
  • Tulisan Mikro (Micro Text)
    Tulisan berukuran sangat kecil yang hanya dapat dibaca dengan menggunakan kaca pembesar.
  • Tinta Tidak Tampak (Invisible Ink)
    Hasil cetak tidak kasat mata yang akan memendar di bawah sinar ultraviolet.
  • Gambar Tersembunyi (Latent Image)

 

CARA MENCEGAH PEREDARAN UANG PALSU

  • Seperti yang sudah dituliskan diatas, kalau menemukan uang palsu, BI menyarankan menahan uang tersebut dan menyerahkan ke BI. Ini berguna untuk mencegah peredaran uang palsu tersebut lebih luas.
  • Kalau mendapati uang palsu jangan disobek, lebih baik laporkan ke polisi. Ini berguna untuk bahan penyelidikan dan mencari sumber pengedar dan pembuatnya.
  • Jika melakukan transaksi dalam jumlah besar, sebaiknya jangan gunakan uang tunai.
  • Jika ingin menukar uang (kalau menjelang lebaran atau hari raya lainnya biasanya banyak orang menukar dari uang pecahan besar ke pecahan kecil) sebaiknya jangan disembarang tempat (pinggir-pinggir jalan misalnya). Lebih baik tukarkan di BI atau tempat lain yang ditunjuk BI. Karena kalau dipinggir jalan memungkinkan pengedar melancarkan aksinya.

Oke..ini dulu yang bisa kami bagikan untuk informasi mengenai cara – cara mengenali uang palsu dan uang asli.Tetap berhati – hati dalam bertransaksi ya!Bagikan informasi ini jika Anda rasa bermanfaat untuk orang disekitar Anda dan semua orang agar kita semua terhindar dari peredaran uang palsu dan membantu menekan angka criminal di Nusantara ini.

 

SAYA MAU SERVICE

LIHAT TESTIMON DI SINI

  • SHARE

ARTIKEL LAINYA


  2018-09-01 14:17:23   Darma
Tips Membeli Mesin Hitung Uang, mesin hitung uang,

Tips Membeli Mesin Hitung Uang

  2017-08-21 09:37:34   Darma
Bank Indonesia Imbau Hati - Hati Transaksi Non-Tunai

Bank Indonesia Imbau Hati - Hati Transaksi Non-Tunai

  2017-08-22 11:57:01   Darma
Tips Ajarkan Anak Kelola Keuangan   

Tips Ajarkan Anak Kelola Keuangan  

  2018-09-01 14:17:05   Darma
Mesin Hitung Uang

Mesin Hitung Uang

  2017-09-04 10:13:14   Darma
Layakkah Harga Murah Bicara Soal Kualitas???

Layakkah Harga Murah Bicara Soal Kualitas???

  2017-09-08 08:54:10   Darma
Mengapa di Larang Gesek Kartu Debet dan Kartu Kredit Dua Kali?Ini Jawabanya!

Awas, data bisa tercuri jika gesek kartu 2 kali

  2018-04-17 17:59:00   Darma
Bagian mesin hitung uang vacuum yang harus diperhatikan pertama kali

Ini Dia Bagian Utama yang Harus diperhatikan!

  2018-09-02 04:54:52   Darma

Sekarang!Anda Harus Punya Mesin Hitung Uang Seperti Ini!!!

  2018-09-02 05:01:08  

IDR 740.000 HARDISK EXTERNAL SEAGATE 1 TB

  2018-10-03 03:41:48   Darma
Cara dan Syarat Isi Ulang Tinta Katrid Printer

Cara dan Syarat Isi Ulang Tinta Katrid Printer

  2018-10-12 08:37:41   Darma
Mesin Hitung Uang Yang Paling Bagus Terbaru

Mesin Hitung Uang Yang Paling Bagus Terbaru

  2018-10-13 10:18:37   Darma
Dirjend Pajak Badung Selatan Buka Oulet VAT Refund di Bandara Ngurah Rai Saat Pelaksanaan IMF

Dirjend Pajak Badung Selatan Buka Outlet VAT Refund di Bandara Ngurah Rai Saat Pelaksanaan IMF

  2018-10-29 03:57:43   Darma

081227344516 Jual Brangkas Simetris Safe

  2019-02-14 07:49:36  

Cara Merawat Mesin Hitung Uang


TEMUKAN LOKASI WORKSHOP KAMI DI PETA